Saturday, February 7, 2009

5 cm, just review


Pertama kali liat novel ini, langsung terpikir “ni novel sampulnya simple” . dibalut dengan warna hitam dan dengan judul ”5 cm”. Tapi ternyata pas diliat dari deket ada tulisan-tulisan lain. Nah, ini yang dibilang ma peribahasa ”don’t judge a book by its cover”. So, gw langsung beli aja karena penasaran dan ada tulisan best seller nya.hehe. Novel karya Dhonny dhirgantara ini mengambil tema simple tapi pas banget, yaitu persahabatan. Gw suka banget dengan cerita dari novel ataupun film yang bertema tentang persahabatan.
5 cm ini ternyata punya cerita yang beda dari cerita-cerita lain tentang persahabatan.unik dan sangat inspiratif. Kita tidak hanya disuguhukan dengan cerita persahabatan, percintaan, tapi juga tentang mimpi, keinginan dan cita-cita. Itu mengena banget buat gw. Gw juga suka beberapa quotes dari novel ini misalnya


“Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu… jangan menempel. Biarkan dia menggantung… mengambang… 5 centimeter… di depan kamu… jadi dia ngak akan pernah lepas dari mata kamu…”


Tu bagian yang paling gw suka. Lanjutannya...


"Dan…. sehabis itu yang kamu perlu…cuma….”
“Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas…”
“Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja…”
“Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…”
“Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama. Kamu akan dikenang sebagai seorang yang percaya pada kekuatan mimpi dan mengejarnya, bukan seorang pemimpi saja, bukan orang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan. Tapi seorang yang selalu percaya akan keajaiban mimpi, keajaiban cita-cita, dan keajaiban keyakinan manusia yang tak terkalkulasikan dengan angka berapa pun… Dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi-mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya”
“Percaya pada… 5 centimeter di depan kening kamu”



Setiap gw baca bagian itu lagi, semangat gw langsung bangkit. Kita mungkin ga akan menyangka dengan ending dari novel ini. Unpredictable. Ada lagi,setelah baca 5cm, gw jadi pengen hiking ke semeru…tapi ga bisa.huhuu.

Bagi yang belum baca.. coba deh baca. Gw yakin kalian pasti suka!!

1 comment:

  1. dengan singkat ajah..

    gw KAGUM BANGET sama isi buku "5 cm" ini....

    thanks to:
    1.DF,,yg pernah rekomendasi buku ini ke gue
    2.Ulfa,,yg telah minjemin buku"5 cm"ke gue
    (fiiuuhh,,,gue minjem orang..tetep!!!)

    ReplyDelete